Sabtu, 11 Januari 2014

Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Konsumen

Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Konsumen
Suwarni
Septina Dwi Mayasari

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang 5 Malang, HP. 081555619224
Abstract: This research is done in July to August 2009. The subject was Economic Faculty’s students which use IM3 as their phone card. The samples were 100 IM3 consumers using random sampling technique. The results are: (1) there is significance influence between product quality and satisfaction, (2) price influenced satisfaction significantly, (3) product quality influenced loyaltysignificantly (4) there is no significance influence between price and loyalty, (5) satisfaction influenced loyalty significantly. Based on the result of the research, it suggests that the consumers should be more carefully to buy a product in order that avoid the disappointed. To a seller or retailer should have positive communication with the provider when the consumers’ trusts decreased. And the further research should do continuously with such time interval to know whether there is increasing of satisfaction or not, as the result of increasing the performance of product such as price and quality of phone card which is done by the operator that influenced


Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, konsep pemasaran modern pun mengalami perkembangan dengan menempatkan konsumen sebagai perhatian utama. Produsen berlomba-lomba untuk sebisa mungkin dapat bersaing dengan kompetitor. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya perusahaan yang menghasilkan produk dengan jenis dan kegunaan yang sama akan tetapi berbeda harga, fitur produk, dan layanan. Konsumen pun bersikap lebih selektif dan kritis dalam memilih produk yang akan dibeli. Konsumen tidak lagi membeli produk sekedar berdasarkan pertimbangan wujud fisik saja, namun juga termasuk segala aspek pelayanan yang melekat pada produk, mulai dari tahap pembelian sampai pada tahap pasca pembelian.
Kompetisi bisnis telekomunikasi operator seluler di Indonesia tampak semakin intens sebagai akibat dari ekspansi yang dilaksanakan oleh pemain operator telepon seluler lama seperti Telkomsel, Indosat, Excelcomindo dan adanya pemain operator baru seperti Natrindo dan Hutchison. Persaingan kualitas produk dan harga begitu sengit, menuntut para pemasar untuk dapat menyediakan produk-produk yang berkualitas dan harga yang terjangkau oleh konsumen serta dapat mengembangkan suatu produk yang bermanfaat dan inovatif sesuai dengan harapan konsumen dan kebutuhan pasar, sehingga kepuasan setelah mengkonsumsi dapat diperoleh dan akan membuat konsumen melakukan pembelian di masa yang akan datang atau pembelian berulang pada produk yang sama.
Salah satu upaya yang dilakukan PT Indosat Tbk dalam menghadapi persaingan adalah dengan mengeluarkan produk IM3 dengan harga terjangkau. Nominal pengisian pulsa dari lima ribu rupiah sampai dengan seratus ribu rupiah, hal ini dimaksudkan memberikan banyak pilihan kepada konsumen agar harga nominal pulsa isi ulang IM3 terjangkau oleh semua lapisan. Hurriyati (2005:152) menyatakan harga mempunyai peranan penting dalam proses pengambilan keputusan yaitu peranan alokasi dari harga adalah membantu para pembeli untuk memutuskan
Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Konsumen
Suwarni
Septina Dwi Mayasari
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang 5 Malang, HP. 081555619224
Abstract: This research is done in July to August 2009. The subject was Economic Faculty’s students which use IM3 as their phone card. The samples were 100 IM3 consumers using random sampling technique. The results are: (1) there is significance influence between product quality and satisfaction, (2) price influenced satisfaction significantly, (3) product quality influenced loyaltysignificantly (4) there is no significance influence between price and loyalty, (5) satisfaction influenced loyalty significantly. Based on the result of the research, it suggests that the consumers should be more carefully to buy a product in order that avoid the disappointed. To a seller or retailer should have positive communication with the provider when the consumers’ trusts decreased. And the further research should do continuously with such time interval to know whether there is increasing of satisfaction or not, as the result of increasing the performance of product such as price and quality of phone card which is done by the operator that influenced the loyalty of consumers.
Keywords: Product quality, Price, Satisfaction, Loyalty


Nah Bagi yang Minat File PDF  lengkap nya Silahkan:
jenis file : PDF
ukuran :422k

Tidak ada komentar: