Kamis, 09 Januari 2014

ANALISIS PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP PEMBENTUKAN CUSTOMER LOYALTY PADA JENIS MEREK PASTA GIGI DENGAN ANALISIS SEM (STRUCTURAL EQUATION MODELLING) (Studi Kasus: Mahasiswa UMS)

ANALISIS PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP PEMBENTUKAN
CUSTOMER LOYALTY PADA JENIS MEREK PASTA GIGI DENGAN
ANALISIS SEM (STRUCTURAL EQUATION MODELLING)
(Studi Kasus: Mahasiswa UMS)
Ahmad Kholid Alghofari1, Indah Pratiwi2, Purbosari Yudha Astuti3
1,2,3Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta
Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura 57102 Telp 0271 717417
Email: kholid_all@yahoo.com


Abstrak
Persaingan global telah menuntut perusahaan untuk dapat mempertahankan produk yang ada dan
eksis di pasar, untuk tetap stabil bahkan meningkat dalam penjualannya. Brand equity atau ekuitas
merek adalah nilai dari suatu merek berdasarkan sejauh mana merek itu mempunyai loyalitas merek,
kesadaran merek, anggapan mutu dan asosiasi merek dalam memasarkan produknya. Dalam kondisi
semakin maraknya persaingan merek dalam kategori produk tertentu, perusahaan harus memiliki
merek yang kuat (ekuitas merek yang tinggi) dan pelanggan yang loyal (customer loyalty yang tinggi).
Ada 4 dimensi ekuitas merek (brand equity) yaitu kesadaran merek(brand awareness), loyalitas merek
(brand loyalty), asosiasi merek (brand association) ,dan kesan kuallitas (perceived quality).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penilaian konsumen terhadap ekuitas merek
pasta gigi dan faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan suatu merek sehingga membentuk
konsumen yang loyal.
Tahap-tahap dalam penelitian ini meliputi penyebaran kuesioner pada mahasiswa UMS dan
pengolahan kuesioner menggunakan analisis deskriptif. Pengolahan melalui software AMOS 5.0
dalam SEM (Structural Equation Modeling) untuk mengetahui apakah brand equity berpengaruh
besar dalam pembentukan customer loyalty.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa 32% mahasiswa UMS menggunakan pasta gigi merk
Pepsodent, di mana dalam hal ini mempunyai keunggulan dalam hal harga dan kualitas. Adapun
ekuitas merek (brand equity) dari merek-merek pasta gigi tersebut tidak berpengaruh signifikan dal
hal pembentukan customer loyalty, hal ini terjadi karena terdapat dimensi dari brand equity tersebut
ternyata tidak berpengaruh signifikan dalam pembentukan konsumen yang loyal. Dimensi tersebut
yaitu brand loyalty dan brand association.
Kata kunci: Brand equity; Customer loyalty; dan SEM (structural equation modelling)


Analisis Pengaruh Variabel Bauran Pemasaran ( Marketing Mix )
Terhadap
Loyalitas Konsumen Produk Minuman Teh Botol Frestea
(Studi Kasus Mahasiswa Universitas Andalas Padang )
Sepris Yonaldi, SE, MM
Abstrak

Loyalitas konsumen penting artinya bagi perusahaan. Loyalitas
membentuk hubungan emosional antarkonsumen dengan perusahaan.
Sehingga pelanggan akan sulit untuk berpaling. Kejelian dalam
menerapkan strategi pemasaran akan memenangkan persaingan dalam
sebuah industry. Dengan mengetahui pengaruh strategi pemasaran,
dalam hal ini bauran pemasaran, dengan loyalitas, akan menjadi koreksi
bagi perusahaan dimasa datang .
Pada penelitian ini peniliti mencoba meneliti tentang pengaruh
variable bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen produk minuman
Teh Botol Frestea. Survey dilakukan terhadap Mahasiswa Universitas
Andalas Padang. Metode riset untuk membandingkan kepuasan ini adalah
dengan analisis linear berganda dengan program SPSS sehingga bisa
diketahui pengaruh masing-masing variable terhadap loyalitas dengan
terllebih dahulu menguji validitas dan reabilitas instrument kuesioner.
Kemudian guna mendapatkan data primer, barulah kuesioner dibagikan
dengan pengambilan sampel secara accidental sample. Untuk pembuktian
digunakan Anova yang diolah dengan program SPSS guna diuji secara
statistic dengan taraf signifikansi 0,05.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tiap variable bauran
pemasaran berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen.
Kemudian dari hasil table Anova, pada setiap instrument penelitian
didapat signifikansi < 0,05 . Ini berarti pengaruh masing-masing variable
bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen tidak terlalu jauh berbeda
namun didapat bukti empiris urutan dari yang paling berpengaruh dan
seterusnya. Sebagai rekomendasi yang bisa dikemukakan adalah
hendaknya perusahaan terus berinovasi dan kreatif serta tanggap
terhadap perubahan karakter dan selera konsumen. Ini adalah hal penting
yang perlu diperhatikan agar tercipta loyalitas yang baik terhadap produk
tersebut.

PERANAN EKUITAS MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA

INDUSTRI TELEPON SELULER

Ainur Rofiq

Fakultas Ekonomi
Universitas Brawijaya Malang
rofiq@brawijaya.ac.id
Nanang Suryadi
Fakultas Ekonomi
Universitas Brawijaya Malang
nanangsuryadi@yahoo.com
Nita Nur Faidah
PT. Pusaka Lintas Samudra
Surabaya
nita.nur09@yahoo.co.id
 dan

Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Konsumen Kartu Pra Bayar Mentari.pdf


file PDF nya silahkan di:

Tidak ada komentar: